Wordpress
Home ยป 2 Cara Pasang Ads.txt di WordPress, Pasti Berhasil!

2 Cara Pasang Ads.txt di WordPress, Pasti Berhasil!

Cara Pasang Ads.txt di Wordpress

Cara Pasang Ads.txt di WordPress penting untuk kamu ketahui terutama bagi yang berkecimpung dalam dunia Google Adsense. Saat akun Google Adsense aktif, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dan peringatan untuk memasang Ads.txt.

Jika kamu menggunakan Blogger, maka kamu bisa memasang Ads.txt dengan mudah yaitu melalui pengaturan Ads.txt kustom yang terdapat di menu Setelan. Lalu, bagaimana cara memasang ads txt di wordpress?

Apa itu Ads.txt?

Ads.txt (Authorized Digital Sellers) adalah sebuah standar industri IAB (Interactive Advertising Bureau) yang memungkinkan penerbit (publisher) untuk memberikan transparansi tentang perusahaan iklan yang diizinkan untuk menjual inventaris iklan mereka.

Dalam format file teks sederhana, penerbit dapat menyertakan daftar perusahaan iklan yang diizinkan untuk menjual iklan pada situs atau aplikasi mereka.

Hal ini bertujuan untuk memberikan transparansi dalam pasar programmatic advertising, mengurangi penipuan iklan (ad fraud), dan memberikan perlindungan bagi penerbit dari kegiatan penipuan iklan yang berbahaya.

Dengan adanya Ads.txt, pembeli iklan dapat mengetahui apakah inventaris iklan yang mereka beli berasal dari sumber yang sah atau tidak, dan mencegah pembelian iklan yang tidak sah.

Cara Pasang Ads.txt di WordPress Tanpa Plugin

Untuk cara yang pertama, kamu bisa melakukannya tanpa bantuan Plugin. Adapun cara pasang ads.txt di wordpress yang harus kamu lakukan adalah:

1. Cara menambahkan ads txt di wordpress yang pertama adalah dengan membuat File Txt dan berinama Ads.txt

cara pasang ads.txt di wordpress

2. Kemudian masukkan kode yang kamu dapatkan dari Google Adsense ke file tersebut. Kodenya seperti yang tertera di bawah ini:

google.com, pub-8758871033626020, DIRECT, f08c47fec0942fa0

3. Kode 8758871033626020 dan f08c47fec0942fa0 sesuai dengan kode yang kamu dapatkan.

4. Jika sudah, silahkan simpan file tersebut.

5. Selanjutnya upload file Ads.txt tersebut ke File Manager. Caranya adalah dengan masuk ke CPanel lalu klik File Manager.

6. Klik pada folder public_html dan upload file Ads.txt kamu di dalamnya

7. Selesai

Cara Pasang Ads.txt di WordPress Menggunakan Plugin

Selain mengupload file Ads.txt di File Manager, kamu juga bisa memasangnya dengan menggunakan bantuan Plugin. Adapun cara pasang ads.txt di wordpress menggunakan plugin adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke WP-Admin wordpress kamu.

2. Klik menu Plugin > Tambah Baru

3. Masukkan kata kunci Ads.txt Manager, lalu Install dan Aktifkan.

4. Setelah berhasil diaktifkan, masuk ke Pengaturan > Ads.txt

5. Masukkan kode Ads.txt yang kamu dapatkan lalu klik Save Changes.

6. Selesai, kamu berhasil mengaktifkan Ads.txt

Cara Mengecek Apakah Ads.txt Berhasil Dipasang

Untuk mengecek apakah ads.txt sudah terpasang, kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi namadomain.com/ads.txt. Jika muncul kode Ads.txt yang telah kamu pasang sebelumnya, maka pemasangan telah berhasil.

Ads.txt Berhasil Dipasang, Tapi Masih Muncul Notifikasi?

Saat berhasil memasang kode ads.txt kamu, biasanya notifikasi peringatan masih muncul di halaman Google Adsense. Bahkan, peringatan tersebut masih tetap muncul selama berhari-hari.

Sebenarnya, hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan. Yang terpenting adalah cara pasang ads.txt di wordpress yang kami bagikan pada artikel ini sudah kamu ikuti.

Peringatan tersebut akan hilang dengan sendirinya, meskipun butuh waktu yang cukup lama. Yang kamu butuhkan adalah sabar dan sabar.

Penutup

Cara pasang ads.txt di wordpress baik menggunakan plugin atau tanpa menggunakan plugin dapat kamu terapkan. Jika kamu ingin lebih simpel, maka kamu dapat menggunakan bantuan Plugin. Karena kamu akan dapat dengan mudah untuk mengedit file ads.txt tanpa harus masuk ke File Manager.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang cara menambahkan ads txt di wordpress, jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.